HOME LABEL

  • Home
  • Cara Mudah dan Praktis Install Windows 8 dengan FlashDisk

             

            Bagi para pengguna yg berkeinginan untuk melakukan upgrade Windows 8 terbaru ataupun re-install  windows 7 bisa menggunakan cara berikut, yaitu melalui media USB flashdrive atau yang lebih dikenal dengan flashdisk. Seperti melalui media dvd, dengan usb flashdrive para pengguna bisa secara mudah dan praktis untuk menggunakannya.

           Pada perangkat PC, Laptop dan gadget support lainnya, spesifikasi yang diperlukan untuk meng-install Windows 8 yaitu hampir sama persis dengan spesifikasi yang diperlukan oleh windows 7, tidak terkecuali spek yang lebih baik akan lebih baik pula terhadap kinerja yang ada.

                 Adapun syarat dan ketentuan untuk menjalankan instalasi via media USB flashdrive ini yaitu ;

      1. Flashdrive dengan memory minimal 4 gigabyte (GB).

      2. File Windows 7 atau 8 (file mentah) masih dalam bentuk .ISO (download)

      3. Software berupa Windows USB Tool

       

             Untuk bisa menggunakan software ini, terlebih dahulu bisa didownload melalui MicrosoftStore yang menyediakan secara cuma-cuma bagi penggunanya, atau bisa melalui link  Windows USB Tool Download

       

      Install kemudian jalankan windows 7/8 USB download tool,

       

       

      langkah pertama; buka atau cari file Windows 7/8 .ISO yg telah dimiliki, lalu klik Next

      Langkah kedua; tentukan perangkat atau perantara untuk meng-install yaitu USB device

           Langkah ketiga; colok dan tentukan flash drive yang ingin digunakan, jika belum terdeteksi, silahkan klik Refresh atau bisa juga klik start over untuk memulai kembali dari langkah awal, jika flash drive sudah ditentukan lalu klik begin copying,

       

      jika didalam flashdrive terdapat konten/isi file lain, selanjutnya akan muncul pemberitahuan mengharuskan untuk menghapus isi dari flash drive, klik Erase USB Device, kemudian klik Yes jika setuju menghapus semua file lain tersebut, namun jika memory flashdrive memang kosong sejak awal maka otomatis akan dilanjutkan ke langkah berikutnya.

            Langkah keempat; seperti yang terlihat dari gambar diatas, maka proses instalasi otomatis akan berjalan hingga bootable usb device created successfully, yang berarti flashdrive siap untuk digunakan. Jika pada langkah keempat berikut terdapat kendala sehingga proses intalasi terakhir ini tidak bisa dilanjutkan (unable), salah satunya bisa dikarenakan oleh antivirus tertentu yg sedang bekerja, maka matikan sementara antivirus yang ada selama proses instalasi. 

          Bagi yang belum terbiasa menggunakan metode ini, setelah flashdrive dicolokan ketika komputer dihidupkan, untuk pengaturan yang ada sama saja ketika melakukan instalasi windows dengan dvd atau sedikit settingan awal pada menu bios menurut produsen pembuat motherbord masing-masing, jika flashdrive telah terdeteksi dapat ditentukan priority atau first boot pada  mode: USB 2.0 atau terbaru.

      Semoga bermanfaat

      No comments:

      Post a Comment